Sabtu, 17 November 2012

Pribahasa Oh Peri'bahasa


   Kalau denger "Pribahasa" pasti yang ke pikiran adalah gabungan kata yang memiliki arti dalam bagi kehidupan sehari-hari, tapi kalo menurut gua pribahasa itu susah banget untuk gua mengerti gak tau juga kenapa, sampe-sampe dulu gua nganggap "pribahasa" itu adalah "peribahasa" gua ngebayangin kalo peribahasa itu kaya semacam peri (entah kenapa gua malah kebayang peri'nya itu nenek-nenek) yang membawa Kamus Besar Bahasa, lalu datang ke kita dengan mengucapkan beberapa patah kata.

Parahnya imajinasi gua ini sempet hampir jadi penyakit waktu gua SD, gua beneran percaya sama keberadaan "peri bahasa" ,waktu itu kalo gak salah gua lagi main petakumpet lalu imajinasi gua bangkit tiba-tiba,peri bahasa membisikan ke gua beberapa patah kata dia bilang "Tong kosong nyaring bunyi'nya" seketika gua ngeliat ada tong sampah yaudah gua ngumpet aja di belakang tong sampah, yap ternyata betul gua gak ketauaan ngumpet disitu, sampe semua udah ketauan tinggal gua sendiri aja yang belom dapet, akhirnya temen gua dateng mendekat ke tong sampah tempat gua ngumpet, ternyata di kesel karena gua doang yang belom ketemu karena kesel di tendang tongsampah yang emang kosong itu langsung bunyi deh "Duuuuuunnnngggg" kenceng banget gua yang gak tau apa-apa langsung loncat karena kaget ngedenger suara kaya gitu, ya akhirnya pun gua ketauan karena "tongkosong nyaring bunyinya" itu tadi.

   Kadang juga gua bingung untuk memilih mana pribahasa yang tepat untuk kita pakai dalam kehidupan kita, ya kasus ini gua temukan saat gua keinget ada pribahasa yang kaya gini ni "Jangan nilai buku dari sampulnya" ini sungguh kesalahan besar, coba kita pikir secara logika sederhana, misalnya lu lagi pergi ke toko buku lalu lu liat ada buku yang sampulnya udah kusam, robek-robek dikit di pinggirnya terus gambarnya agung hercules lagi ngupil dengan judul "Otot Besar Upil Pun Besar", walupu isinya tentang bagaimana cara membesarkan otot dengan sangat mudah semudah ngupil gua yakin minat lu untuk beli buku ini jadi hilang, selain itu dari segi artinya juga rada-rada ada pertentangan dengan pribahasa lain kalo pribahasa "jangan menilai buku dari sampulnya" yang artinya jangan menilai orang dari penampilan luarnya saja tapi dari isinya, pribahasa ini ditentang sama pribahasa lain yaitu "penampilan adalah gambaran diri kita", nah di sini aja udah jelas banget kalo kedua pribahasa ini bertentangan, ya memang jaman sekarang sih penampilan emang suka nipu, di luarnya biasa aja gak taunya dia pinter, ada lagi orang yang gayanya biasa-biasa aja gak taunya dia orang kaya. Gua malah jadi bingung jadi pribahasa mana yang harus gua pakai.

   Ah sudahlah daripada pusing mending kita jalanin aja hari kita apa adanya dan jadikan hari kemarin menjadi pelajaran untuk hari esok, wuiiih gua membuat kalimat yang bermakna ajaib.

   Yap jadi itu dulu deh buat post kali ini bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar